A. Pengertian Pendapatan Nasional

Pendapatan nasional dapat didefinisikan tiga cara, yaitu:

a. Nilai seluruh produk ( barang dan jasa) yang diproduksi dalam suatu Negara selama satu periode tertentu.

b. Jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh factor produksi dalam suatu Negara selama satu periode tertentu.

c. Jumlah pengeluaran untuk membeli barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu Negara selama satu periode tertentu.

B. Faktor Pengeluaran Komponen Pendapatan Nasional

Faktor-faktor ini penting untuk diketahui sebagai pedoman bagi pemerintah dalam menetapkan kebijakan-kebijakan ekonomi untuk meningkatkan pendapatan nasional. Perekonomian tertutup artinya tidak mengenal hubungan luar negeri, sehingga tidak ada kegiatan ekspor-impor. Perekonomian sederhana tidak mengenal keterlibatan pemerintah dalam kegiatan perekonomian. Jadi, perekonomian tertutup sederhana adalah perekonomian yang melibatkan deal pelaku, yaitu rumah tangga dan perusahaan.

a. Konsumsi dan Tabungan

Pendapatan nasional atau disebut juga dengan yield (Y), dalam perekonomian tertutup sederhana, dari sisi rumah tangga akan digunakan untuk dua macam hal, yaitu :

1. Membeli barang dan jasa, atau dengan kata lain melakukan kegiatan konsumsi atau consupsion (C).

2. Menabung, yang disebut juga dengan saving (S).

bila digambarkan dengan rumus, maka kita akan mendapatkan rumus sebagai berikut.

Y = C + S

3. PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL
Seperti yang telah diuraikan diatas, perhitungan pendapatan nasional bertujuan untuk mengukur tingkat kemakmuran suatu Negara dan untuk mendapatkan data-data terperinci mengenai seluruh barang dan jasa yang dihasilkan suatu Negara selama satu periode.Bila ditinjau lebih jauh lagi, manfaat yang dapat diperoleh dari perhitungan pendapatan nasionaladalah sebagai berikut:a. Mengetahui dan Menelaah Struktur Perekonomian NasionalData pendapatan nasional dapat digunakan untuk menggolongkan suatu Negara menjadi Negaraindustri, pertanian, atau jasa. Contohnya, berdasarkan perhitungan pendapatan nasional dapatdiketahui bahwa Indonesia termasuk Negara pertanian atau agraris, Jepang merupakan Negara industri, Singapura termasuk Negara yang unggul disektor jasa, dan sebagainya.Disamping itu, data pendapatan nasional juga dapat digunakan untuk menentukan besarnyakonstribusi berbagai sector pertanian, pertambangan, industri, perdagangan, jasa, dansebagainya. b. Membandingkan Kemajuan Perekonomian Dari Waktu Ke WaktuUmumnya data pendapatan nasional dibuat setiap tahun sehingga dapat digunakan untuk membandingkan besarnya pendapatan nasional suatu Negara dari tahun ke tahun. Perbandingan dilakukan biasanya tidak hanya berdasarkan harga berlaku, tapi juga dengan metode perbandingan data berdasarkan harga tetap atau konstan, dengan menggunakan sebuah tahundasar sebagai tolak ukur. Hal ini disebabkan karena perbandingan pendapatan nasional berdasarkan harga berlaku mengkin saja terkena pengaruh inflasi, sehingga setiap kenaikan yangterjadi bias jadi disebabkan oleh adanya inflasi dari tahun ke tahun.c. Membandingkan Perekonomian Antar Negara Atau Antar DaerahData perhitungan pendapatan nasional selain dapat digunakan untuk membandingkan perekonomian suatu Negara dengan Negara lain, juga dapat digunakan untuk dapatmembandingkan perekonomian antara suatu daerah atau provinsi dengan daerah atau provinsilainya. Perhitungan ini berguna untuk menilai seberapa jauh ketertinggalan atau dibandingkan dengan Negara atau daerah lainnya.d. Sebagai Landasan Perumusan Kebijakan PemerintahData pendapatan nasional dapat digunakan sebagai landasan atau pedomana bagi pemerintahuntuk menetapkan kebijakan perekonomian. Dengan mengetahui konstribusi masing-masingsektor perekonomian terhadap pendapatan nasional berikut kemajuan atau kemundurannya, maka pemerintah dapat melihat sektor mana yang masih dapat digali potensinya, sektor mana yangharus mendapatkan prioritas, sehingga pemerintah dapat menentukan kebijakan apa yang harusdiambil untuk memperbaiki situasi perekonomian.

Sumber: http://denscoolgoblog.blogspot.com/2012/04/analisis-pendapatan-nasional-untuk.html