HYIP adalah High Yield Investment Program atau Program Investasi Dengan Profit Tinggi yang banyak ditemukan di Internet.  Banyak sekali HYIP yang saat ini dibuat dengan tujuan untuk menipu terutama bagi mereka yang belum paham tentang resiko dan bahayanya berinvestasi di HYIP.

HYIP banyak yang menggunakan “ponzi scheme” yaitu suatu skema dimana orang yang masuk dahulu pada program mendapat profit yang didapat dari orang yang masuk belakangan, dan apabila sudah tidak ada yang masuk atau yang masuk berkurang, maka program tersebut akan SCAM (tutup, uang investor dibawa kabur)

HYIP banyak menggunakan mata uang internet (e-currency/e-money) seperti Liberty Reserve, Perfect Money, AlertPay, e-gold, e-wallet, asia-wallet, dll. Beberapa di antaranya ada juga yang menggunakan e-point, ataupun lewat transfer bank maupun “Bank-Wire”. Setelah kejatuhan Liberty Reserve, Perfect Money, AlertPay, e-gold merupakan e-currency yang paling banyak dipakai saat ini untuk investasi HYIP.

Kemana HYIP Menginvestasikan Uang Kita ? Banyak program HYIP yang mengaku mereka menginvestasikan uang investor ke saham, index, option  dan forex. Ada juga admin HYIP itu menaruh uang investornya di program HYIP lain, jadi uang investor diputarnya di situ-situ juga. Ketika program yang mereka investasikan uangnya tutup, maka mereka juga akan ikut tutup.

Referensi :

http://ricdetop.blogspot.com

http://jss3-indonesia.blogspot.com