Oracle Database adalah salah satu product dari Oracle Corporation, salah satu perusahaan pembuat software yang terkenal khususnya pada database software atau bisa disebut DBMS (Database Management System), yaitu software atau aplikasi yang bertugas untuk mengatur, menyimpan, memodifikasi data.

Database bisa dikatakan sebagai suatu kumpulan dari data yang tersimpan dan diatur atau diorganisasikan sehingga data tersebut bisa diambil atau dicari dengan mudah dan efisien. Sebagai contoh sederhana dari database adalah buku telepon, buku telepon tersebut sama saja seperti database yang sifatnya manual hanya saja dengan adanya komputer maka informasi yang ada di dalam database akan sangat mudah untuk dimanipulasi (insert, update, delete) dan sangat cepat untuk dicari.

Ada banyak sekali aplikasi DBMS, mulai yang berjalan di komputer personal (PC) sampai ke komputer skala mainframe. Contoh-contoh dari DBMS yang familiar diantaranya adalah : MySQL, dibuat oleh MySQL AB. SQL Server, MS Access, dibuat oleh Microsoft. Firebird, dibuat oleh komunitas Open Source berdasarkan dari kode Interbase. PostgreSQL, dibuat oleh komunitas Open Source. DB2, dibuat oleh IBM dan masih banyak lagi sederet DBMS yang ada di dunia ini yang bisa anda cari sendiri di internet dengan keyword ‘DBMS’, ‘database engine’ atau ‘database server’.

Oracle Corporation sudah mengeluarkan beberapa versi dari Oracle Database, mulai dari oracle6.0, 8i, 9i, 10g dan hingga artikel ini ditulis sudah mencapai versi 11g. Oracle Database biasa digunakan paa skala Enterprise (perusahaan besar), yang tentu saja harganya tidak murah bagi kita para pengguna individual atau yang sedang ingin belajar. Lantas bagaimana ? tenang saja, karena Oracle memberikan solusi untuk hal tersebut, Oracle 10g Express Edition merupakan versi freeware yang ditujukan bagi pemula atau pengguna individual yang ingin mempelajari Oracle tanpa harus mengeluarkan biaya besar atau membajak software tersebut. Versi ini memiliki banyak kesamaan dengan versi Oracle 10g Release 2 sehingga anda tidak perlu khawatir bahwa fituryang nanti anda pelajari dan gunakan di versi Express Edition/XE tidak akan anda temukan di versi Oracle 10g Release 2. Untuk mendownload dan keterangan lebih jelasnya bisa langsung kesini, serta berikut untuk cara instalasi Oracle 10g Express Edition di Windows atau Linux.

Sejarah
Oracle Corporation didirikan oleh tiga orang programmer yaitu Bob Miner, Ed Oates dan Larry Ellison yang menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer). Dimulai dari tahun 1977, mereka membentuk Software Developments Laboratories (SDL). Pada tahun 1979 SDL berubah nama menjadi Relational Software, Inc. (RSI) dan memperkenalkan produk Oracle V2. Pada tahun 1983, RSI berganti nama menjadi Oracle Corporation dan mengeluarkan Oracle V3. Perusahaan ini berkonsentrasi pada pembuatan database server di mainframe.

Kisah sukses Oracle Corp terkait dengan sejarah dan teori database relasional. Teori database relasional diperkenalkan hampir secara simultan oleh Edgar F. Codd (dalam artikelnya yang terkenal Large Shared Data Banks) pada tahun 1969. IBM adalah perusahaan pertama yang menerapkan model relasional ini dalam bahasa SQL, dengan produknya DB2. Sayangnya IBM agak ragu akan keampuhan SQL dan model relational hal ini akhirnya berpengaruh pada ketertinggalan IBM di pasar database server sistem operasi Unix dan Windows.

Larry melihat perkembangan teori model relational dan implementasi database relational dalam DB2. Ia yakin bahwa model relational adalah “way of the future” dan memutuskan untuk mengimplementasikan model relational di produk Oracle. Langkah Larry terbukti benar, dan Oracle menjadi pesaing kuat bagi IBM dalam pasar database server di mainframe, terutama database bermodel relational dan akhirnya menjadi leader di RDBMS sampai saat ini.

Sekitar pertengahan tahun 1980an, Larry kembali mengambil langkah yang tepat (dan berani) dengan mendeversifikasi produk Oracle (versi 6.x) ke luar mainframe, yakni ke sistem operasi Unix. Inilah booming kedua bagi Oracle, terjadi peningkatan penghasilan dan penjual produk secara drastis.

Selanjutnya Oracle Corporation mendiversifikasi Oracle ke sistem operasi Novell Netware, Windows NT (versi Oracle 7.x, mulai tahun 1996), dan Linux (versi 8.x, sekitar tahun 1997). Mulai pertengahan tahun 1990an, Larry sangat agresif dalam diversifikasi produk. Oracle Corporation mulai masa itu membuat juga produk-produk non database server seperti Application Server (WebDB, OAS), Development Tools (Oracle Developer, Oracle Designer) dan ApplicationSuite (Oracle Apps).

Versi terakhir dari Oracle database Server sampai saat ini adalah Oracle 11g Rel 2 yang dikeluarkan awal tahun 2007. Untuk diketahui juga bahwa saat ini Oracle Corp juga sudah mengakuisisi Sun dengan demikian atomatis Java juga sudah dikuasai oleh Oracle.

Sumber :

http://www.eocommunity.com/showthread.php?tid=25908

http://setyaway.wordpress.com/tag/mengenal-oracle-database/