Sebetulnya dari sekian banyak smartphone yang menggunakan sistem operasi Android, tentu saja iOS lebih unggul ketimbang si robot hijau. Tetapi saat ini kebanyakan dari pengembang memilih Android ini dikarenakan update versi Android yang begitu cepat dan selalu ada sesuatu yang baru daripada iOS, namun pada iPhone 5 yang notabenenya menggunakan sistem operasi iOS 6 atau versi iOS yang paling baru lebih banyak kelebihannya bagi pengguna Apple iPhone 5, walaupun updatenya hanya bisa kita nikmati jika kita mengupdate perangkat kita pula.

Selain hal itu banyak hal lain yang perlu anda ketahui sebagai kelebihan dari iPhone 5, seperti kecepatan akses data, keunggulan hardware dan lain sebagainya, berikut keunggulan-keunggulan dari Apple iPhone 5 yang kami sunting dari beberapa media teknologi online:

1. Lebih cepat
Smartphone indentik dengan kecepatan mengakses data atau akses internet. Oleh karena telah dibekali dengan koneksi 4G atau dikenal dengan LTE, iPhone 5 sangat unggul dari koneksi internet, walaupun pesaing dari Apple seperti Sony Xperia Z atau Blackberry Z10 saat ini juga mengembangkan teknologi akses internet cepat juga, ini bisa anda lihat dari beberapa video hasil test kecepatan dari iPhone 5 dengan perangkat lain di Youtube.

2. Fitur wallpaper
Salah satu fitur yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lainnya adalah Wallpaper. Pada fitur ini, Apple menyediakan Wallpaper khas Apple, mengapa demikian? Ya, ini karena pada Wallpaper yang ada pada iOS telah diberi sebuah logo Apple dan tidak akan bisa di gantikan oleh Wallpaper lainnya. Banyak kalangan menganggap ini menjadi sebuah fitur yang unik.

3. Map dan navigasi baru
Pada iOS6, user juga bisa mengkolaborasikan aplikasi Siri dan juga map yang dipergunakan untuk mencari lokasi tertentu dengan sangat mudah dan cepat. Tetapi fitur ini hanya terdapat pada iPhone 5 dan kebanyakan masih memiliki Google Maps karena bisa dipergunakan dibanyak perangkat ketimbang pada perangkat Apple.

4. FaceTime
Dipergunakan untuk berkomunikasi dengan keluarganya walaupun anda sedang berada di lokasi yang jauh atau di luar kota. Ini juga menjadi fitur terbaik iOS saat ini, anda pengguna iPhone 5 sudah bisa mendapatkan update terbaru dari Face Time dengan beberapa tambahan fitur didalamnya.

Dengan Ios 6, pengguna dapat lebih mudah terkoneksi dengan internet atau wifi sehingga lancar saat mengobrol via FaceTime.

5. Passbook
Aplikasi yang tersedia dan dipergunakan sebagai kartu digital. Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan check-in seperti pada fitur Foursquare.

6. Pembaruan email
Penambahan satu lagi aplikasi email yang baru di iPhone 5 juga memudahkan penggunakan untuk memanage kontak penting maupun aktifitas surat-menyurat elektronik dengan mudah dan cepat.

7. Kamera lebih canggih
Yang terakhir jika kita membandingkan iPhone 4 dengan perangkat barunya yaitu iPhone 5 adalah keunggulan kamera, disini anda bisa menikmati kamera dengan 8MP dengan mode panorama yang dipadukan dengan proses mengambil gambar dengan sangat cepat, jauh lebih cepat sekitar 40% daripada terdahulunya.

8. Prosesor lebih unggul
Dari segi prosesor juga mengalami peningkatan, jika pada iPhone 4 menggunakan prosesor A4 maka di perangkat iPhone 5 sudah di upgrade menjadi A5 prosesor yang memiliki kecepatan 2 kali lebih tangguh dari versi sebelumnya.

9. Baterai tahan lama
Fitur canggih juga harus di tunjang dengan baterai yang mumpuni, ini karena salah satu yang menjadi kelemahan dari perangkat smartphone adalah baterai, tetapi kelebihan iPhone 5 dari segi baterai tidak perlu diragukan lagi. Baterai iPhone 5 mampu bertahan sampai 225 jam dalam posisi standby dan 8 jam saat menerima telpon atau melakukan panggilan di jaringan 3G. Lebih lama dari iPhone 4 yang hanya 200 jam saat standby.

Sumber : http://www.teknokita.net/2013/03/kelebihan-iphone-5.html