Jalan cerita : 
 
Film ini menceritakan tentang kehidupan dua orang sahabat yang masih duduk di kelas 2 SMA yaitu Nugi (Herjunot Ali) dan Ipang Vino G. Sebastian). Mereka berdua mempunyai cita-cita menjadi “Rockstar” dan setiap hari mereka menghabiskan waktunya dengan ngeBand, ngeBand, dan ngeBand dari pada mementingkan sekolahnya.
 
Keduanya memiliki sahabat bernama Sandra (nadine candrawinata)seseorang wanita cantik dan seksiyang berprofesi sebagai seorang penjaga “distro”, sandra pun sering menjadi tempat curhat mereka yaitu ipang dan nugi. Sampai akhirnya salah satu dari mereka yaitu nugi, jatuh cinta kepadanya. Namun sayang, cintanya bertepuk sebelah tangan, sandra justru menaruh hati pada ipang.
 
Nugi tinggal bersama ibunya yang seorang single parents(yang diperankan oleh sandy harun) setelah bercerai dengan ayahnya ( diperankan oleh berry prima disaat usian nugi masih 6 tahun. Kehidupan ibunya nugi terbilang berbeda dengan ibu-ibu lainnya, ia menganut kehidupan hippiesdan ia membuka jasa pengobatan holistic yang bergerak dibidang aroma terapi.nugi sendiri tidak menyukai gaya hidup ibunya, ditambah lagi Ibunya pun mempunyai pacar brnama paul yang sama menganut kehidupan hippies.
 
Sementara itu kehidupan ipang jauh berbeda dengan nugi, keluarga ipang lebih mementingkan pendidikan, wajar saja ayang ipang seorang dosen dan ibunya tidak jauh dengan ayahnya. Ipang juga mempunyai adik laki-laki yang benama dido, dido sangat mengagumi dirinya biarpun ipang sering jahil terhadap dido, ia sangat sayang sekali dengannya. Walaupun terlahir dalam keluarga yang kaya, jalan pikiran ipang sangat berbeda dengan ayahnya, yang menghendaki ia harus mengutamakan sekolah ketimbang bermain musik.
 
Setelah kenakalan demi kenakalan mereka jalani. Mereka pun di hadapkan pada realita yang sangat memukul mereka. Dalam kebimbangan ini keduanya kemudian menjadi cocok dan mejalani idealisme mereka sendiri. Ketika mereka berdua pergi meninggalkan rumah dan keluarga yang selama ini membesarkannya. Mereka berdua mencari keberadaan ayah nugi, dan ketika ayah nugi yang bertahun-tahun menghilang dan kini hadir dengan perubahan yang sangat drastis. Ayah nugi telah menjadi seorang wanita alias telah menjalani “trans-seksual”. Tidak hanya itu sang ayah juga berprofesi sebagai guru salsa. Lebih jauh lagi ipang pun mengalami dilema yang sangat berat, di saat ia mengetahui kalu dirinya bukanlah anak kandung dari orangtua nya yang selama ini mengasuhnya sejak masih kecil.
 
Singkat cerita keduanya pun bertemu keluarganya masing-masing dalam suatu acara kontes salsa. Nugi meminta maaf kepada ibunya dan ipang juga demikian, ia tidak bisa hidup tanpa pendamping seperti orang tua. 
 
Akhir cerita mereka berdua bersama para personilnya manggung di hard rock caffe yang selama ini mereka damba-dambakan, mereka belagak seperti rockstar dunia sampai-sampai para penonton dibuat ribut oleh kehadiran mereka.
 
Tema :
 
Judul film ini berjudul Realita cinta dan Rock ‘n Roll, walaupun bertajuk rock ‘n roll, bukan berarti film ini menceritakan tentang beragam persoalan anak band, tetapi film ini adalah tentang dua anak SMA yang sanagt bengal yang lebih mementingkan menjadi rockstar dan bermimpi membuat band papan atas. Yang di dalamnya terdapat realita-realita kehidupan yang sangat memukul mereka. Selain itu mereka juga berusaha untuk melakukan proses pencarian jati diri dalam menyikapi kehidupannya.
 
Sinopsis :
 
Film Realita cinta dan rock ‘n roll adalah film mengenai persoalan remaja yang serius menggali berbagai segi kehidupan, realita hidup yang tidak selalu sesuai ompian, dan bagaimana remaja menggambarkan proses pencarian jati diri dengan semangat rock ‘n roll yang mengalir lewat konflik drama dan humor.
 
 
Pemaknaan :
 
Film realita cinta dan rock n’ roll secara umum menggambarkan tentang sosok dua orang remaja dalam proses pencarian jari dirinya seperti identifikasi terhadap sosok idola, terjadinya konflik keluarga,kebingungan diri, mencari pedoman hidupdan bereksperimentasi dalam menyampaikan gagasan sampai pada penemuan jati dirinya. Sedangkan makna konotasinya ada pada perlakuan identifikasi terhadap sosok idola digambarkan pada adegan seseorang dari mereka yaitu ipang(vino g. Bastian) yang menbaca “majalah Rolling Stones” dimana kita telah mengetahui bahwa band “Rolling Stones” adalah band rock ‘n roll yang sangat terkenal dan disitulah ipang megidentifikasi idolanya dan menyerap segala sesuatu tentang rock n’ roll meliputi paham hidup yang cenderung bersikap anti social dan anti kemapanan. Sehingga semua tahapan dalam pencarian jati dirinya sedikit banyak menggunakan paham rock n’ roll.