Bagi para pehobi foto mungkin tidak asing lagi dengan lensa fisheye. Lensa fisheye atau mata ikan adalah lensa wide (sudut lebar) berbentuk cembung yang bisa menangkap gambar secara 180 derajat. Awalnya lensa fisheye dipakai dalam kepentingan metereologi untuk menangkap barisan awan. Namanya dulu bukan “fisheye lens” tetapi “whole sky lense”. Lensa fisheye menjadi populer semenjak diproduksi untuk fotografi umum.

Lensa fisheye sering dipakai untuk foto landscape. Harga aslinya berkisar empat sampai dengan delapan juta. Motret menggunakan lensa fisheye memang memberikan distorsi realitas, tetapi memberikan keunikan tersendiri karena efek hemisperis (setengah bundar) yang dimiliki.

Foto dibawah ini diambil menggunakan BlackBerry 9800 dengan lensa fisheye untuk smartphone. Perhatikan dua foto dibawah ini, foto pertama diambil dengan lensa normal BlackBerry 9800 tanpa additional lens dan foto kedua dengan additional fisheye lens. Jangkauan gambar yang lebih lebar bisa ditangkap oleh lensa fisheye dibandingkan lensa normal.

pulau burung lensa blackberry normal

Pulau Burung - foto dengan lensa fisheye

Lensa fisheye juga bisa memberikan tiga efek garis horison yang berbeda. Lengkungan horison bisa menghadap keatas, kebawah dan bisa juga tetap lurus. Semua tergantung dari sudut pengambilan gambar.

Sah atau tidaknya kita merekayasa realitas melalui lensa fisheye adalah kembali kepada tujuan foto yang ingin dibuat. Untuk seru-seruan atau untuk stok foto yang akan dipakai kemudian hari. Jika untuk stok foto serius saya sarankan tidak bermain dengan lensa fisheye karena nilai kondisi real sudah didistorsi. Tetapi kalau mau bersenang-senang dan keluar dari kebiasaan umum ketika hunting foto, lensa fisheye menjadi salah satu barang yang wajib dibawa. Apalagi sekarang tersedia lensa fisheye untuk smartphone yang mudah dibawa.

Berikut foto-foto yang saya ambil dengan lensa fisheye tambahan untuk smartphone. Bisa digunakan pada BlackBerry, iPhone dan beberapa tipe Android dan Nokia.

Dermaga Pulau Pari lensa fisheye

siluet dengan lensa fisheye

pulau burung diambil dengan lensa fisheye untuk smartphone